Struktur Kurikulum
SEJARAH ISBI ACEH
ISBI Aceh merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri Seni Budaya yang diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 6 Oktober 2014 di Surabaya. Saat ini ISBI Aceh memiliki lahan 30 Ha di Kota Jantho, yang nantinya akan dibangun kampus terpadu.
STRUKTUR KURIKULUM
BAB I
GAMBARAN UMUM PROGRAM STUDI
- URAIAN LINGKUP BIDANG KEILMUAN PRODI
Program Studi Seni Rupa Murni menghasilkan lulusan yang mampu menghayati dan mengenalkan nilai-nilai budaya nasional serta mampu menanggapi gejala kebudayaan pada umumnya yang berkaitan erat dengan bidang yang dipelajari, untuk pengembangan kepribadian dan wawasan seni. Setiap lulusan diharapkan menguasai dasar-dasar ilmiah serta mampu menelaah dan memecahkan berbagai permasalahan di bidang seni rupa pada umumnya, serta keahlian pada khususnya.
Disamping itu, setiap lulusan mampu menciptakan dan mengembangkan karya seni rupa serta mampu mentransformasikan diri terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sesuai dengan perkembangan zaman. Selanjutnya, Program Studi Seni Rupa Murni dapat menghasilkan Sarjana yang memiliki pola fikir berlandaskan nilai-nilai budaya dan kearifan local, agar dapat berinteraksi dengan masyarakat.
Namun demikian, Seni Rupa Murni bertanggung jawab memberikan pengetahuan serta berketerampilan pada bidang seni rupa murni untuk kepentingan individual setiap lulusan dan kepentingan masyarakat. Untuk itu, tujuan dari prodi ini adalah mengembangkan dan melaksanakan pendidikan Seni Rupa Murni yang berwawasan local, nasional dan internasional melalui proses studi yang ideal baik dalam bidang Penciptaan Seni maupun Pengkajian Seni.
- UNGGULAN PRODI (VISI KEILMUAN)
VISI
Menghasilkan seniman dan ilmuan akademis yang kreatif, inofatif, produktif dan professional serta berkepribadian yang menjunjung tinggi nilai-nilai budaya Melayu di bidang Seni Rupa Murni.
MISI
- Mengembangkan bakat dan mampu berkepribadian seniman dan ilmuan akademis yang memiliki rasa kepekaan sosial dan jiwa wirausaha dalam rangka menuju profesionalisme,
- Meningkatkan pengetahuan dan skill kesenimanan dan keilmuan akademis dalam penciptaan dan pengkajian seni rupa murni,
- Melaksanakan pendidikan seni rupa murni berlandaskan penciptaan dan keilmuan yang beroriantasi pada kemajuan, manajemen dan daya saing
TUJUAN
- Berjiwa pancasila dan berlandaskan pada nilai-nilai budaya bangsa yang memiliki integritas kepribadian sebagai seni rupa murni mentransformasi nilai-nilai filosofi budaya dan artefak melayu sebagai bahan kajian dan penciptaan karya seni rupa murni,
- Terbuka dan tanggap terhadap perubahan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi maupun masalah yang berkembang dalam bidang seni rupa murni,
- Mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan teknologi dibidang seni rupa murni yang berjiwa kreatif, inofatif, produktif serta professional,
- Menguasai dasar-dasar ilmiah dalam penciptaan dan pengkajian sehingga mampu berfikir, bersikap dan bertindak sebagai seniman dan ilmuan,
- Mampu mengikuti tren perkembangan ilmu pengetahuan, iptek dan keterampilan dibidang seni rupa murni serta mengusung nilai-nilai kemandirian.
BIDANG KEAHLIAN
- PENCIPTAAN SENI LUKIS
- PENCIPTAAN SENI GRAFIS
- PENCIPTAAN SENI TRIMATRA
- PENGKAJIAN SENI DAN BUDAYA
BAB II
GAMBARAN PROFIL LULUSAN PRODI
2.1 PROFIL DAN LULUSAN PRODI SENI RUPA MURNI
No |
Profil Sarjana Seni |
Keterampilan yang harus dimiliki |
Pengetahuan yang harus dikuasai |
1. |
Peniliti Seni dan Budaya. |
1. Mampu menerapkan teori sebagai kajian ilmiah dengan menerapkan metode penelitian seni 2. Mampu mempelajari local genius serta dapat menggali dan menemukan potensi untuk mengaplikasikan keilmuan seni rupa murni di tengah kehidupan masarakat. |
1. Menguasai Metodologi Penelitian dalam bidang seni. 2. Menguasai konsep-konsep teori Seni Rupa Murni, Ilmu Estetika, Ilmu Manajemen serta Ilmu Analisis sebagai landasan berfikir dalam pemecahan masalah terhadap objek kajian seni ditengah kehidupan masyarakat. |
2. |
Seniman Lukis |
1. Mampu untuk menata konsep karya dan ide garap dalam penciptaan karya seni lukis 2. Mampu mendemontrasikan penciptaan seni lukis degan mengaplikasikan hukum-hukum, azas seni rupa melalui alat bahan dan teknik seni lukis hingga menghasilkan seni yang berkarakter 3. Mampu menghasilkan karya yang memiliki originalitas sesuai dengan gaya seni lukis yang dikuasai dan mengandung local genius dalam karya seni figuratif dan non figuratif |
1. Menguasai konsep-konsep logika, etika dan estetika sebagai metode penciptaan karya seni Lukis. 2. Menguasai pemahaman tentang teori Seni, elemen-elemen dan prinsip-prinsip tata rupa dalam penggarapan karya seni lukis. 3. Menguasai keilmuan tentang perkembangan seni lukis sebagai pertimbangan untuk menghadirkan karya seni yang orisinal |
3 |
Seniman Grafis |
1. Mampu untuk menata konsep karya dan ide garap dalam penciptaan karya seni grafis. 2. Mampu mendemontrasikan penciptaan seni grafis dengan mengaplikasikan hukum-hukum, azas seni rupa melalui alat bahan dan teknik seni grafis hingga menghasilkan seni yang berkarakter. 3. Mampu menghasilkan karya yang memiliki originalitas sesuai dengan gaya seni grafis yang dikuasai dan mengandung local genius dalam karya seni figuratif dan non figuratif. |
1. Menguasai konsep-konsep logika, etika dan estetika sebagai metode penciptaan karya seni grafis. 2. Menguasai pemahaman tentang teori Seni, elemen-elemen dan prinsip-prinsip tata rupa di dalam penggarapan karya seni grafis. 3. Menguasai keilmuan tentang perkembangan seni grafis sebagai pertimbangan untuk menghadirkan karya seni yang orisinal. |
4 |
Seniman Trimatra |
1. Mampu untuk menata konsep karya dan ide garap dalam penciptaan karya seni trimatra. 2. Mampu mendemontrasikan penciptaan seni trimatra dengan mengaplikasikan hukum-hukum, azas seni rupa melalui alat bahan dan teknik seni trimatra hingga menghasilkan seni yang berkarakter. 3. Mampu menghasilkan karya yang memiliki originalitas sesuai dengan gaya seni trimatra yang dikuasai dan mengandung local genius dalam karya seni figuratif dan non figuratif. |
1. Menguasai konsep-konsep logika, etika dan estetika sebagai metode penciptaan karya seni trimatra. 2. Menguasai pemahaman tentang teori Seni, elemen-elemen dan prinsip-prinsip tata rupa di dalam penggarapan karya seni trimatra. 3. Menguasai keilmuan tentang perkembangan seni trimatra sebagai pertimbangan untuk menghadirkan karya seni yang orisinal. |
5. |
Akademisi Seni |
1. Mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip keilmuan seni dalam karya dan prilaku seni secara akademik. 2. Mampu mengaplikasikan hasil studi seni rupa dalam bentuk karya tulis. |
1. Menguasai prinsip-prinsip keilmuan seni dan etika akademik. 2. Menguasai tata tulis ilmiah. |
BAB III
PENGEMBANGAN BAHAN KAJIAN DIUKUR BERDASARKAN INDIKATOR CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN
- RUMUSAN CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN
Capaian pembelajaran lulusan Progran Studi Seni Rupa Murni terdiri dari unsur sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus dan pengetahuan. Capaian pembelajaran sikap merupakan parameter atau standar yang harus dimiliki mahasiswa/i yang telah teraplikasi di dalam setiap mata kuliah yang di hadirkan oleh Prodi Seni Rupa Murni ISBI Aceh. Sistem pembelajaran sikap ini nantinya akan menciptakan kepribradian yang berkarakter yang berlandaskan nilai-nilai agama, seni budaya dan sikap bernegara yang pada akhirnya akan mencerminkan mahasiswa Program Studi Seni Rupa Murni ISBI Aceh.
Adapun, capaian pembelajaran keterampilan umum merupakan kemampuan kerja umum yang wajib dimiliki oleh setiap lulusan dalam rangka menjamin kesetaraan kemampuan lulusan sesuai tingkat program perdidikan tinggi pada Program Studi Seni Rupa Murni. Sementara itu, capaian pembelajaran keterampilan khusus merupakan kemampuan kerja yang mengacu pada spesipikasi minat lulusan yang wajib dimiliki oleh mahsiswa/i sesuai dengan bidang keilmuan bidang pada Program Studi Seni Rupa Murni.
Semantara itu, capaian pembelajaran pengetahuan merupakan penunjukkan dengan jelas terhadap bidang atau cabang ilmu, maupun gagasan pengetahuan yang menggambarkan ke khususan Program Studi Seni Rupa Murni. Dengan demikian, unsur sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus dan pengetahuan adalah rumusan dalam capaian pembelajaran bagi setiap lulusan dari Program Studi Seni Rupa Murni ISBI Aceh.
- SIKAP
- Bertakwa Kepada tuhan Yang Maha Esa dan Mampu Menunjukan Sikap Religius.
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan berperadaban berdasarkan Pancasila.
- Beperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
- Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
- KETERAMPILAN UMUM
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
- Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
- Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
- Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
- Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
- KETERAMPILAN KHUSUS
- Mampu menerapkan teori sebagai kajian ilmiah dengan menerapkan metode penelitian seni.
- Mampu mempelajari local genius serta dapat menggali dan menemukan potensi untuk mengaplikasikan keilmuan seni rupa murni di tengah kehidupan masy
- Menguasai kemampuan untuk menata konsep karya dan ide garap dalam penciptaan karya seni rupa murni (Lukis, Grafis, Trimatra).
- Mampu mendemontrasikan penciptaan seni rupa murni (Lukis, Grafis, Trimatra) dengan mengaplikasikan hukum-hukum, azas seni rupa melalui alat bahan dan teknik seni rupa murni (Lukis, Grafis, Trimatra) hingga menghasilkan seni yang berkarakter.
- Mampu menghasilkan karya yang memiliki originalitas sesuai dengan gaya seni rupa murni (Lukis, Grafis, Trimatra) yang dikuasai dan mengandung local genius dalam karya seni figuratif dan non figuratif.
- Mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip keilmuan seni dalam karya dan prilaku seni secara akademik.
- Mampu mengaplikasikan hasil studi seni rupa dalam bentuk karya tulis.
- PENGETAHUAN
- Menguasai Metodologi Penelitian dalam bidang seni.
- Menguasai konsep-konsep teori seni rupa murni, ilmu estetika, ilmu manajemen serta ilmu analisis sebagai landasan berfikir dalam pemecahan masalah terhadap objek kajian seni ditengah kehidupan masyarakat.
- Menguasai konsep-konsep logika, etika dan estetika sebagai metode penciptaan karya seni seni rupa murni (Lukis, Grafis, Trimatra).
- Menguasai pemahaman tentang teori seni, elemen-elemen dan prinsip-prinsip tata rupa di dalam penggarapan karya seni seni rupa murni (Lukis, Grafis, Trimatra).
- Menguasai keilmuan tentang perkembangan seni seni rupa murni (Lukis, Grafis, Trimatra) sebagai pertimbangan untuk menghadirkan karya seni yang
- Menguasai prinsip-prinsip keilmuan seni dan etika akademik.
- Menguasai tata tulis ilmiah.
PENYUSUNAN KERANGKA KURIKULUM
BAB IV
PENYUSUNAN KERANGKA KURIKULUM MEMUAT INFORMASI POLA SUSUNAN MATA KULIAH
4.1 Daftar Mata Kuliah Beserta Besaran SKS
JENIS MATAKULIAH |
PROFIL LULUSAN SENI RUPA MURNI |
||||||||
PENELITI SENI BUDAYA |
SENIMAN LUKIS |
SENIMAN GRAFIS |
SENIMAN TRIMATRA |
SKS |
|||||
Matakuliah Nasional |
|||||||||
MPK101 |
Agama |
2 |
|||||||
MPK103 |
Kewarganegaraan |
2 |
|||||||
MPK205 |
Bahasa Indonesia |
2 |
|||||||
MPK102 |
Pancasila |
2 |
|||||||
|
|
8 |
|||||||
Matakuliah Institusi |
|||||||||
ISB102 |
Bahasa Inggris |
3 |
|||||||
ISB101 |
Pengantar Filsafat Seni |
2 |
|||||||
ISB103 |
Adat Istiadat Aceh |
2 |
|||||||
ISB104 |
Pengantar Kebudayaan Islam |
2 |
|||||||
ISB201 |
Pengantar Estetika |
2 |
|||||||
ISB202 |
Pengantar Semiotika |
2 |
|||||||
ISB403 |
Pengetahuan HAKI |
2 |
|||||||
ISBPO01 |
KKN |
3 |
|||||||
ISB1 P02 |
Tugas Akhir |
6 |
|||||||
|
|
24 |
|||||||
Matakuliah Jurusan |
|||||||||
MSR202 |
Ragam Hias Aceh |
3 |
|||||||
MSR203 |
Arsitektur Rumah Adat Aceh |
3 |
|||||||
MSR201 |
Sejarah Seni Rupa Indonesia |
3 |
|||||||
|
|
9 |
|||||||
Matakuliah Wajib |
|||||||||
MKM105 |
Gambar Bentuk I |
3 |
|||||||
MKM102 |
Gambar Bentuk II |
3 |
|||||||
MKM213 |
Gambar Bentuk III |
3 |
|||||||
MKM103 |
Sketsa Dasar |
3 |
|||||||
MKM104 |
Sketsa Lanjut |
3 |
|||||||
MKM209 |
Anatomi Plastis |
3 |
|||||||
MKM212 |
Gambar Model |
3 |
|||||||
MKM101 |
Nirmana Dwimatra |
3 |
|||||||
MKM106 |
Nirmana Trimatra |
3 |
|||||||
MKM207 |
Studio Seni Rupa Murni I |
4 |
|||||||
MKM214 |
Studio Seni Rupa Murni II |
4 |
|||||||
MKM137 |
Studio Seni Rupa Murni III |
4 |
|||||||
MKM110 |
Pengetahuan Bahan Seni Rupa Murni |
3 |
|||||||
MKM427 |
Seni Lukis Potret |
3 |
|||||||
MKM319 |
Sejarah Seni Rupa Barat |
2 |
|||||||
MKM211 |
Psikologi Seni |
2 |
|||||||
MKM323 |
Kritik Seni Rupa |
3 |
|||||||
MKM429 |
Seminar Seni Rupa |
3 |
|||||||
MKM330 |
Manajemen Seni Rupa |
3 |
|||||||
MKM324 |
Kewirausahaan Seni |
3 |
|||||||
MKM218 |
Sejarah Seni Rupa Timur |
2 |
|||||||
MKM315 |
Antropologi Seni |
3 |
|||||||
MKM326 |
Translation For Specific Purpose |
2 |
|||||||
MKM220 |
Teknik Penulisan Ilmiah |
2 |
|||||||
MKM222 |
Teori Seni |
3 |
|||||||
MKM325 |
Isu Seni |
2 |
|||||||
MKM216 |
Estetika Seni Rumpun Melayu |
2 |
|||||||
MKM328 |
Eksplorasi Seni Rupa |
3 |
|||||||
MKM108 |
Aplikasi Komputer |
2 |
|||||||
MKM321 |
Kaligrafi |
3 |
|||||||
|
|
85 |
|||||||
Matakuliah Pilihan |
|||||||||
|
MKM502 |
MKM504 |
MKM504 |
MKM504 |
3 |
||||
|
Metodologi Pengkajian Seni |
Metodologi Penciptaan Seni |
Metodologi Penciptaan Seni |
Metodologi Penciptaan Seni |
|
||||
|
MKM506 |
MKM508 |
MKM5010 |
MKM5012 |
|
||||
|
Studio Penelitian Seni Rupa Murni I |
Studio Ekspresi Seni Lukis |
Studio Ekspresi Seni Grafis |
Studio Ekspresi Seni Trimatra |
5 |
||||
|
MKM5017 |
MKM5019 |
MKM5021 |
MKM5023 |
|
||||
|
Studio Penelitian Seni Rupa Murni II |
Studio Konseptual Seni Lukis |
Studio Konseptual Seni Grafis |
Studio Konseptual Seni Trimatra |
5 |
||||
|
MKM509 |
MKM5011 |
MKM5013 |
MKM5015 |
|
||||
|
Analisis Karya Seni Rupa |
Eksplorasi Media Seni Lukis |
Eksplorasi Media Seni Grafis |
Eksplorasi Media Seni Trimatra |
3 |
||||
MKM501 |
Ilustrasi* |
3
3 |
|||||||
MKM507 |
Komputer Grafis* |
||||||||
MKM5016 |
Photografi* |
||||||||
MKM5014 |
Seni Keramik* |
||||||||
|
|
22 |
|||||||
TOTAL SKS |
147 |
||||||||
4.2 SUSUNAN MATA KULIAH DALAM SEMESTER
SEMESTER I |
|||
NO |
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
1 |
MPK101 |
Agama |
2 |
2 |
MPK103 |
Kewarganegaraan |
2 |
3 |
ISB101 |
Pengantar Filsafat Seni |
2 |
4 |
ISB103 |
Adat Istiadat Aceh |
2 |
5 |
MKM101 |
Nirmana Dwimatra |
3 |
6 |
MKM103 |
Sketsa Dasar |
3 |
7 |
MKM105 |
Gambar Bentuk I |
3 |
Jumlah SKS |
17 |
SEMESTER II |
|||
NO |
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
1 |
ISB102 |
Bahasa Inggris |
3 |
2 |
MKP102 |
Pancasila |
2 |
3 |
ISB104 |
Pengantar Kebudayaan Islam |
2 |
4 |
MKM102 |
Gambar Bentuk II |
3 |
5 |
MKM104 |
Sketsa Lanjut |
3 |
6 |
MKM106 |
Nirmana Trimatra |
3 |
7 |
MKM108 |
Aplikasi Komputer |
2 |
8 |
MKM110 |
Pengetahuan Bahan Rupa Seni Murni |
3 |
Jumlah SKS |
21 |
||
SEMESTER III |
|||
NO |
KODE MK |
MATA KULIAH |
SKS |
1 |
MPK2O5 |
Bahasa Indonesia |
2 |
2 |
ISB201 |
Pengantar Estetika |
2 |
3 |
MKM207 |
Studio Seni Rupa Murni I |
4 |
4 |
MKM209 |
Anatomi Plastis |
3 |
5 |
MKM211 |
Psikologi Seni |
2 |
6 |
MSR201 |
Sejarah Seni Rupa Indonesia |
3 |
7 |
MSR203 |
Arsitektur Rumah Adat Aceh |
3 |
8 |
MKM213 |
Gambar Bentuk III |
3 |
Jumlah SKS |
22 |
SEMESTER IV |
|||
NO |
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
1 |
MKM212 |
Gambar Model |
3 |
2 |
MSR202 |
Ragam Hias Aceh |
3 |
3 |
MKM214 |
Studio Seni Rupa Murni II |
4 |
4 |
MKM216 |
Estetika Seni Rumpun Melayu |
2 |
5 |
MKM218 |
Sejarah Seni Rupa Timur |
2 |
6 |
MKM220 |
Teknik Penulisan Ilmiah |
2 |
7 |
MKM222 |
Teori Seni |
3 |
8 |
ISB202 |
Pengantar Semiotika |
2 |
Jumlah SKS |
21 |
SEMESTER V |
|||
NO |
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
1 |
MKM315 |
Antropologi Seni |
3 |
2 |
MKM137 |
Studio Seni Rupa Murni III |
4 |
3 |
MKM319 |
Sejarah Seni Rupa Barat |
2 |
4 |
MKM321 |
Kaligrafi |
3 |
5 |
MKM323 |
Kritik Seni Rupa |
3 |
6 |
MKM325 |
Isu Seni |
2 |
7 |
MKM501 MKM503 |
Ilustrasi Komputer Grafis* |
3 |
Jumlah SKS |
20 |
*matakuliah pilihan wajib mengambil salah satu
SEMESTER VI |
|||
NO |
KODE |
MATA KULIAH UMUM |
SKS |
1 |
MKM324 |
Kewirausahaan Seni |
3 |
2 |
MKM326 |
Tanslation for specific purpose |
2 |
3 |
MKM328 |
Eksplorasi Seni Rupa |
3 |
4 |
MKM330 |
Manajemen Seni Rupa Murni |
3 |
5 |
MKM502 |
Metodologi Pengkajian Seni* |
3 |
MKM504 |
Metodologi Penciptaan Seni* |
||
6 |
MKM506 |
Studio Penelitian Seni Rupa Murni I* (Pengkajian Seni) |
5 |
MKM508 |
Studio Ekspresi Seni Lukis* (Penciptaan Seni Lukis) |
||
MKM5010 |
Studio Ekspresi Seni Grafis* (Penciptaan Seni Grafis) |
||
MKM5012 |
Studio Ekspresi Seni Trimatra* (Penciptaan Seni Trimatra) |
||
7 |
MKM5014 |
Seni Keramik* |
3 |
|
MKM5016 |
Photografi* |
|
Jumlah SKS |
22 |
*matakuliah pilihan wajib mengambil salah satu sesuai dengan minat
SEMESTER VII |
|||
NO |
KODE |
MATA KULIAH UMUM |
SKS |
1 |
ISBPO01 |
KKN |
3 |
2 |
MKM427 |
Seni Luks Potret |
3 |
3 |
MKM429 |
Seminar |
3 |
4 |
ISB403 |
Pengetahuan HAKI |
2 |
5 |
MKM509 |
Analisis Karya Seni Rupa* (Pengkajian Seni) |
3 |
MKM5011 |
Eksplorasi Media Seni Lukis* (Penciptaan Seni Lukis) |
||
MKM5013 |
Eksplorasi Media Seni Grafis* (Penciptaan Seni Grafis) |
||
MKM5015 |
Eksplorasi Media Seni Trimatra* (Penciptaan Seni Trimatra) |
||
6 |
MKM5017 |
Studio Penelitian Seni Rupa Murni II* (Pengkajian Seni) |
5 |
MKM5019 |
Studio Konseptual Seni Lukis* (Penciptaan Seni Lukis) |
||
MKM5021 |
Studio Konseptual Seni Grafis* (Penciptaan Seni Grafis) |
||
MKM5023 |
Studio Konseptual Seni Trimatra* (Penciptaan Seni Trimatra) |
||
Jumlah SKS |
19 |
*matakuliah pilihan wajib mengambil salah satu sesuai dengan minat
SEMESTER VIII |
|||
NO |
KODE |
MATA KULIAH UMUM |
SKS |
1 |
ISB1 P02 |
Tugas Akhir / Skripsi |
8 |
Jumlah SKS |
8 |
4.3 Kaitan Semua Mata Kuliah Dengan Capaian Pembelajaran
Terlampir…
4.4 Rencana Pembelajaran Semester
Rencana Pembelajaran semester
Mata Kuliah : Studio Dasar Seni Murni
Semester : II
Kode MK : SM1102
SKS : 4
Dosen pengampu : Anni Kholilah S.Sn., M.sn
Reza Sastra Wijaya S.Sn., M.sn
Capaian mata Kuliah :
1. Mahasiswa mampu mengangkat sebuah objek lingkungan dan fenomena sosial atau budaya ke dalam karya seni berbentuk dua demensi.
2. Mahasiswa mampu menggunakan material water colour ( transpran dan pelakat ) Mahasiswa dapat berkarya dengan mempelajari Alat, Bahan ,Teknik seni lukis dan seni grafis secara mendasar.
Minggu ke |
Kemampuan akhir yang diharapkan |
Bahan kajian |
Bentuk pembelajaran |
Waktu |
Pengalaman belajar mahasiswa |
Kriteria penilaian / indikator |
Bobot nilai
|
1 |
Mampu melukis objek-objek alam dan lingkungan sesuai materi material water colour |
Penjelasan seni lukis dasar |
Ceramah Diskusi
|
1x4x50 |
Tugas laporan, Presentasi |
Kemampuan presentasi karya yang sesuai dengan obyek kemampuan menjawab pertanyaan yang diajukan, dan bisa menguasai dasar-dasar seni lukis |
|
2-3 |
Melukis Obyek lingkungan kampus |
Melukis dengan obyek kampus, dengan ketentuan besar kertas A1, dengan teknik transpran
|
Ceramah Diskusi Praktek lapangan
|
2x4x50 |
Diskusi, |
sda |
|
4-5 |
Melukis pasar |
Melukis dengan obyek pasar yang ada di kota Jantho fokus dari kegiatan ini adalah keramaian suasana pasar. dengan ketentuan besar kertas A1, dengan teknik transpran
|
Ceramah Diskusi Praktek lapangan
|
2x4x50 |
Diskusi |
sda |
|
6-7 |
Melukis gedung-gedung |
Melukis dengan obyek gedung yang ada disekitar kota Jantho, dengan ketentuan besar kertas A1, dengan teknik transpran dan plakat
|
Ceramah Diskusi Praktek lapangan
|
2x4x50 |
Diskusi |
sda |
|
8 |
MID Semester / melukis Pelabuhan |
Melukis dengan obyek pelabuhan yang ada disekitar kota banda aceh, dengan ketentuan besar kertas A1, dengan teknik bebas
|
Ceramah Diskusi Praktek lapangan
|
1x4x50 |
Diskusi |
sda |
|
9-10 |
1.Mahasiswa mampu menjelaskan Ruang lingkup Seni Rupa Murni, Seni grafis, serta alat dan bahan yang digunakan. 2.Mahasiswa mampu membuat berbagai macam bentuk efek cukilan dan garis dengan teknik Relief print. |
1.Pengetahuan Sejarah, perkembangan Seni grafis Murni dan terapan. 2.Pengetahuan Alat dan bahan Seni Grafis 3.Pembelajaran teknik grafis (Relief Print) dengan Berbagai Bentuk efek teknik cukil 4.macam garis. 5.kualitas garis (tebal tipis garis ) 6.Penerapan teknik Relief Print dengan visual realis
|
Ceramah Diskusi Praktik |
2x4x50 |
1. Pemahaman, 2. Pengenalan peralatan grafis 3. Praktek penggunaan peralatan Seni grafis |
1. Resume/ makalah 2. Kemampuan memahami dan penggunaan alat bahan dan teknik |
|
11 |
Mahasiswa mampu membuat teknik Cetak Grafis dengan gaya rotasi |
Penerapan teknik Relief Print dengan gaya cetak Memutar (rotation print) |
Praktik Asistensi Evaluasi |
1x4x50 |
Praktek Seni grafis |
1. Kerapian 2. kebersihan 3. Ketelitian garis yang berkesinambungan |
|
12 |
Mahasiswa mampu membuat teknik Cetak Grafis dengan gaya parallel Horizontal |
Penerapan teknik Relief Print dengan gaya cetak Paralel |
Praktik Asistensi Evaluasi |
1x4x50 |
Praktek Seni grafis |
1. Kerapian 2. Kebersihan 3. Ketelitian garis yang berkesinambungan |
|
15-16 |
Mahasiswa mampu membuat teknik Cetak Grafis dengan memanfaatkan benda dari alam untuk menghasilkan kesan artistic yang alami |
Penerapan teknik Relief Print Kolase |
Praktik Asistensi Evaluasi |
2x4x50 |
Praktek Seni grafis |
Kreativitas mengolah bentuk yang ada di alam menjadi bentuk baru |
|
4.5 Rancangan Tugas Mahasiswa Dalam Pembelajaran
Tujuan Tugas: |
Menciptakan karya seni rupa murni dengan menggunakan teknik dasar seni lukis dengan menggunakan bahan cat minyak sebagai medium. Menciptakan karya seni grafis dengan menggunakan teknik cetak tinggi di atas bidang kertas. |
Uraian Tugas: |
a. Objek Karya dwimatra |
b. Yang Harus Dikerjakan dan Batasan-Batasan Membuat karya dwimatra (lukis dan grafis) dengan ketentuan yakni : 1. Lukis : melukis objek-objek yang telah ditentukan dengan menggunakan teknik aquarel 2. Grafis : Menciptakan karya grafis konvensional dengan menggunakan teknik cetak tinggi dengan gaya dekoratif maupun realis sesuai dengan tema yang telah ditentukan. |
|
|
c. Cara Kerja Setiap mahasiswa wajib konsultasi proses penggarapan karya dan di presentasikan minimal untuk satu (1) tugas selama dua(2) kali pertemuan
|
|
d. Dekripsi Tugas yang Dihasilkan Karya yang dihasilkan dari keseluruhan sebanyak delapan (8) karya diantaranya empat (4) karya seni lukis di atas kertas dan empat (4) karya seni grafis cetak tinggi di atas kertas |
Kriteria Penilaian: |
Sangat Baik – Sangat Kurang |
4.6 Sistem Penilaian Dan Hasil Belajar
Jenjang/Grade |
Angka/Skor |
Deskripsi/Indikator Kerja |
Sangat Baik |
≥ 86 |
Karya 1. Lukis : a. Karya digarap dengan memiliki tingkat kemiripan dengan objek amatan yang sangat tinggi b. karya diolah dengan warna primer dengan akurasi warna yang sangat mirip c. penggunaan teknik, peralatan dan bahan yang sangat baik dan terukur d. tidak memiliki kesalahan kerja e. karya yang dihasilkan memiliki intensitas yang tinggi f. karya mampu untuk di ikut sertakan dalam pameran dan kompetisi
1. Grafis : a. Garis-garis yang digarap dengan sangat persisi dan terukur b. Kebersihan dan kerapian kerja c. Tidak ada kesalahan kerja d. Ketercapaian karakter dengan penggunaan teknik cetak tinggi dengan tema yang ditentukan e. Karya yang dihadirkan memiliki tingkat kehalusan yang tinggi f. karya mampu untuk di ikut sertakan dalam pameran dan kompetisi |
Baik |
76-86 |
Karya 1. Lukis : a. Karya digarap mirip dengan objek amatan b. karya diolah dengan warna primer dengan tepat. c. penggunaan teknik, peralatan dan bahan yang sangat baik d. karya yang dihasilkan memiliki intensitas yang tinggi e. karya dapat diikutsertakan dalam pameran di area kampus
2. Grafis : a. Garis-garis yang digarap dengan baik b. Kebersihan dan kerapian kerja c. Tidak ada kesalahan kerja d. Ketercapaian karakter dengan penggunaan teknik cetak tinggi dengan tema yang ditentukan cukup baik e. Karya digarap dengan halus. f. karya dapat diikutsertakan dalam pameran di area kampus
|
Cukup |
61-75 |
Karya 1. Lukis : a. Karya digarap cukup mirip dengan objek amatan b. karya diolah dengan warna primer dengan cukup tepat. c. penggunaan teknik, peralatan dan bahan yang baik d. karya yang dihasilkan cukup intensitas
2. Grafis : a. Garis-garis yang digarap dengan tergesa-gesa b. Tidak teliti c. Karya tidak terlalu rapi d. Terdapat sedikit kesalahan kerja e. Ketercapaian karakter dengan penggunaan teknik cetak tinggi dengan tema yang ditentukan kurang baik f. Karya digarap dengan halus.
|
Kurang |
41-60 |
Karya 1. Lukis : a. Karya digarap kurang mirip dengan objek amatan b. karya diolah dengan warna primer dengan kurang tepat. c. penggunaan teknik, peralatan dan bahan yang tidak baik d. karya yang dihasilkan kurang intensitas
2. Grafis : a. Garis-garis yang digarap tidak baik b. Tidak teliti c. Karya tidak rapi d. Terdapat kerja e. Ketercapaian karakter dengan penggunaan teknik cetak tinggi dengan tema yang ditentukan kurang baik f. Karya digarap dengan tidak halus.
|
Sangat Kurang |
0- 40 |
Karya 1. Lukis : a. Karya digarap tidak mirip dengan objek amatan b. Pengolahan warna yang tidak tepat. c. penggunaan teknik, peralatan dan bahan yang tidak teratur d. karya yang dihasilkan tidak intensitas
2. Grafis : a. Garis-garis yang digarap terkesan asal-asalan. b. Karya tidak rapi c. Terdapat banyak kesalahan kerja d. karakter dengan penggunaan teknik cetak tinggi dengan tema yang ditentukan tidak tercapai e. Karya digarap masih sangat kasar.
|
Dimensi |
Sangat baik |
Baik |
Cukup |
Kurang |
Sangat kurang |
≥ 81 |
61 -80 |
41-60 |
21-40 |
<20 |
|
Penguasaan teknik penciptaan seni murni |
Teknik garap sangat baik sehingga menarik untuk di amati, dibahas dan dapat dijadikan karya pembanding |
Teknik garap baik dapat dijadikan acuan |
Teknik garap cukup baik namun masih terdapat beberapa kekurangan |
Teknik garap cinderung tidak menarik. Terdapat banyak kekurangan. |
Teknik garap tidak menarik. Terdapat banyak kesalahan dan kekurangan dalam proses garap. Hasil cinderung tidak menarik |
Presentasi karya |
Berdialog dengan lantang dan mampu menarik antusias pendengar. |
Pembicara menggunakan intonasi yang tepat, berbicara tanpa bergantung pada catatan |
pembicara menggunakan nada yang datar dan sering bergantung pada catatan |
Pembicara sangat tergantung dengan catatan dan monoton. |
Pemaparan tidak menarik. Tidak dapat memaparkan tanpa melihat catatan, sehingga tidak menarik perhatian audience. |
Capaian pembelajaran lulusan |
Indikator penilaian TA |
% |
||
1 |
Mampu menyusun konsep rancangan terhadap penciptaan karya seni rupa murni yang mengintergrasikan hasil kajian aspek perilaku, lingkungan, teknis, dan nilai-nilai yang terkait dengan penciptaan seni rupa murni. |
Tingkat logis dan sistematis konsep yang dibangun |
10 |
|
Ketepatan metode yang dipilih |
10 |
|||
2 |
Mampu merancang penciptaan karya seni murni secara mandiri dengan metode perancangan yang berbasis riset, dan menghasilkan karya seni rupa murni yang kreatif, dan teruji secara teoretis. |
Keruntutan dan kejelasan transformasi konsep ke dalam rancangan |
10 |
|
Kreativitas dalam penciptaan karya seni rupa murni |
20 |
|||
Kualitas hasil ciptaan |
20 |
|||
3 |
Mampu mengkomunikasikan pemikiran dan hasil penciptaan tulisan, dan model yang komunikatif dengan teknik manual maupun digital. |
Kemampuan presentasi terhadap karya seni |
10 |
|
4 |
Mampu menyajikan dan bertanggung jawap terhadap karya seni rupa murni yang diciptakan secara keilmuan dan ilmiah. |
pertanggung jawaban keilmuan |
10 |
|
5 |
Memiliki sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptif, dan apresiatif. |
Sikap akademik |
10 |