SEJARAH ISBI ACEH

ISBI Aceh merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri Seni Budaya yang diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 6 Oktober 2014 di Surabaya. Saat ini ISBI Aceh memiliki lahan 30 Ha di Kota Jantho, yang nantinya akan dibangun kampus terpadu.

STRUKTUR KURIKULUM

BAB I

GAMBARAN UMUM PROGRAM STUDI

 

  • URAIAN LINGKUP BIDANG KEILMUAN PRODI

Program Studi Seni Rupa Murni menghasilkan lulusan yang mampu menghayati dan mengenalkan nilai-nilai budaya nasional serta mampu menanggapi gejala kebudayaan pada umumnya yang berkaitan erat dengan bidang yang dipelajari, untuk pengembangan kepribadian dan wawasan seni. Setiap lulusan diharapkan menguasai dasar-dasar ilmiah serta mampu menelaah dan memecahkan berbagai permasalahan di bidang seni rupa pada umumnya, serta keahlian pada khususnya.

Disamping itu, setiap lulusan mampu menciptakan dan mengembangkan karya seni rupa serta mampu mentransformasikan diri terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan  teknologi yang sesuai dengan perkembangan zaman. Selanjutnya, Program Studi Seni Rupa Murni dapat menghasilkan Sarjana yang memiliki pola fikir berlandaskan nilai-nilai budaya dan kearifan local, agar dapat berinteraksi dengan masyarakat.

Namun demikian, Seni Rupa Murni bertanggung jawab memberikan pengetahuan serta berketerampilan pada bidang seni rupa murni untuk kepentingan individual setiap lulusan dan kepentingan masyarakat. Untuk itu, tujuan dari prodi ini adalah mengembangkan dan melaksanakan pendidikan Seni Rupa Murni yang berwawasan local, nasional dan internasional melalui proses studi yang ideal baik dalam bidang Penciptaan Seni maupun Pengkajian Seni.

  • UNGGULAN PRODI (VISI KEILMUAN)

VISI

Menghasilkan seniman dan ilmuan akademis yang kreatif, inofatif, produktif dan professional serta berkepribadian yang menjunjung tinggi nilai-nilai budaya Melayu di bidang Seni Rupa Murni.

MISI

  1. Mengembangkan bakat dan mampu berkepribadian seniman dan ilmuan akademis yang memiliki rasa kepekaan sosial dan jiwa wirausaha dalam rangka menuju profesionalisme,
  2. Meningkatkan pengetahuan dan skill kesenimanan dan keilmuan akademis dalam penciptaan dan pengkajian seni rupa murni,
  3. Melaksanakan pendidikan seni rupa murni berlandaskan penciptaan dan keilmuan yang beroriantasi pada kemajuan, manajemen dan daya saing

 

TUJUAN

 

  1. Berjiwa pancasila dan berlandaskan pada nilai-nilai budaya bangsa yang memiliki integritas kepribadian sebagai seni rupa murni mentransformasi nilai-nilai filosofi budaya dan artefak melayu sebagai bahan kajian dan penciptaan karya seni rupa murni,
  2. Terbuka dan tanggap terhadap perubahan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi maupun masalah yang berkembang dalam bidang seni rupa murni,
  3. Mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan teknologi dibidang seni rupa murni yang berjiwa kreatif, inofatif, produktif serta professional,
  4. Menguasai dasar-dasar ilmiah dalam penciptaan dan pengkajian sehingga mampu berfikir, bersikap dan bertindak sebagai seniman dan ilmuan,
  5. Mampu mengikuti tren perkembangan ilmu pengetahuan, iptek dan keterampilan dibidang seni rupa murni serta mengusung nilai-nilai kemandirian.

BIDANG KEAHLIAN

 

  1. PENCIPTAAN SENI LUKIS
  2. PENCIPTAAN SENI GRAFIS
  3. PENCIPTAAN SENI TRIMATRA
  4. PENGKAJIAN SENI DAN BUDAYA

BAB II

GAMBARAN PROFIL LULUSAN PRODI

 

2.1  PROFIL DAN LULUSAN PRODI SENI RUPA MURNI

No

Profil

Sarjana Seni

Keterampilan yang

harus dimiliki

Pengetahuan yang

harus dikuasai

1.

Peniliti Seni dan Budaya.

1.     Mampu menerapkan teori sebagai kajian ilmiah dengan menerapkan metode penelitian seni

2.     Mampu mempelajari local genius serta dapat menggali dan menemukan potensi untuk mengaplikasikan keilmuan seni rupa murni di tengah kehidupan masarakat.

1.   Menguasai Metodologi Penelitian dalam bidang seni.

2.   Menguasai konsep-konsep teori Seni Rupa Murni, Ilmu Estetika, Ilmu Manajemen serta Ilmu Analisis sebagai landasan berfikir dalam pemecahan masalah terhadap objek kajian seni ditengah kehidupan masyarakat.

2.

Seniman Lukis

1.     Mampu untuk menata konsep karya dan ide garap dalam penciptaan karya seni lukis

2.     Mampu mendemontrasikan penciptaan seni lukis degan mengaplikasikan hukum-hukum, azas seni rupa melalui alat bahan dan teknik seni lukis hingga menghasilkan seni yang berkarakter

3.     Mampu menghasilkan karya yang memiliki originalitas sesuai dengan gaya seni lukis yang dikuasai dan mengandung local genius dalam karya seni figuratif dan non figuratif

1.   Menguasai  konsep-konsep  logika, etika dan estetika sebagai metode penciptaan karya seni Lukis.

2.   Menguasai pemahaman  tentang teori  Seni, elemen-elemen dan prinsip-prinsip tata rupa  dalam penggarapan karya seni lukis.

3.   Menguasai keilmuan tentang perkembangan seni lukis sebagai pertimbangan untuk menghadirkan karya seni yang  orisinal

3

Seniman Grafis

1.     Mampu  untuk menata konsep karya dan ide garap dalam penciptaan karya seni grafis.

2.     Mampu mendemontrasikan penciptaan seni grafis dengan mengaplikasikan hukum-hukum, azas seni rupa melalui alat bahan dan teknik seni grafis hingga menghasilkan seni yang berkarakter.

3.     Mampu menghasilkan karya yang memiliki originalitas sesuai dengan gaya seni grafis yang dikuasai dan mengandung local genius dalam karya seni figuratif dan non figuratif.

1.     Menguasai  konsep-konsep  logika, etika dan estetika sebagai metode penciptaan karya seni grafis.

2.     Menguasai pemahaman  tentang teori  Seni, elemen-elemen dan prinsip-prinsip tata rupa di dalam penggarapan karya seni grafis.

3.     Menguasai keilmuan tentang perkembangan seni grafis sebagai pertimbangan untuk menghadirkan karya seni yang  orisinal.

4

Seniman Trimatra

1.     Mampu  untuk menata konsep karya dan ide garap dalam penciptaan karya seni trimatra.

2.     Mampu mendemontrasikan penciptaan seni trimatra dengan mengaplikasikan hukum-hukum, azas seni rupa melalui alat bahan dan teknik seni trimatra hingga menghasilkan seni yang berkarakter.

3.     Mampu menghasilkan karya yang memiliki originalitas sesuai dengan gaya seni trimatra yang dikuasai dan mengandung local genius dalam karya seni figuratif dan non figuratif.

1.     Menguasai  konsep-konsep  logika, etika dan estetika sebagai metode penciptaan karya seni trimatra.

2.     Menguasai pemahaman  tentang teori  Seni, elemen-elemen dan prinsip-prinsip tata rupa di dalam penggarapan karya seni trimatra.

3.     Menguasai keilmuan tentang perkembangan seni trimatra sebagai pertimbangan untuk menghadirkan karya seni yang  orisinal.

5.

Akademisi Seni

1.     Mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip  keilmuan seni dalam karya dan prilaku seni secara akademik.

2.     Mampu mengaplikasikan hasil studi seni rupa dalam bentuk karya tulis.

1.     Menguasai prinsip-prinsip keilmuan seni dan etika akademik.

2.     Menguasai tata tulis ilmiah.

 

 

 

 

BAB III

PENGEMBANGAN BAHAN KAJIAN DIUKUR BERDASARKAN INDIKATOR CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

 

  • RUMUSAN CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

Capaian pembelajaran lulusan Progran Studi Seni Rupa Murni terdiri dari unsur sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus dan pengetahuan. Capaian pembelajaran sikap merupakan parameter atau standar yang harus dimiliki mahasiswa/i yang telah teraplikasi di dalam setiap mata kuliah yang di hadirkan oleh Prodi Seni Rupa Murni ISBI Aceh. Sistem pembelajaran sikap ini nantinya akan menciptakan kepribradian yang berkarakter yang berlandaskan nilai-nilai agama, seni budaya dan sikap bernegara  yang pada akhirnya akan mencerminkan mahasiswa Program Studi Seni Rupa Murni ISBI Aceh.

Adapun, capaian pembelajaran keterampilan umum merupakan kemampuan kerja umum yang wajib dimiliki oleh setiap lulusan dalam rangka menjamin kesetaraan  kemampuan lulusan sesuai tingkat program perdidikan tinggi pada Program Studi Seni Rupa Murni. Sementara itu, capaian pembelajaran keterampilan khusus merupakan kemampuan kerja yang mengacu pada spesipikasi minat lulusan yang wajib dimiliki oleh mahsiswa/i sesuai dengan bidang keilmuan bidang pada Program Studi Seni Rupa Murni.

Semantara itu, capaian pembelajaran pengetahuan merupakan penunjukkan dengan jelas terhadap bidang atau cabang ilmu, maupun gagasan pengetahuan yang menggambarkan ke khususan Program Studi Seni Rupa Murni. Dengan demikian, unsur sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus dan pengetahuan adalah rumusan dalam capaian pembelajaran bagi setiap lulusan dari Program Studi Seni Rupa Murni ISBI Aceh.

  • SIKAP
  1. Bertakwa Kepada tuhan Yang Maha Esa dan Mampu Menunjukan Sikap Religius.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan berperadaban berdasarkan Pancasila.
  4. Beperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

 

  • KETERAMPILAN UMUM
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

 

 

  • KETERAMPILAN KHUSUS
  1. Mampu menerapkan teori sebagai kajian ilmiah dengan menerapkan metode penelitian seni.
  2. Mampu mempelajari local genius serta dapat menggali dan menemukan potensi untuk mengaplikasikan keilmuan seni rupa murni di tengah kehidupan masy
  3. Menguasai kemampuan untuk menata konsep karya dan ide garap dalam penciptaan karya seni rupa murni (Lukis, Grafis, Trimatra).
  4. Mampu mendemontrasikan penciptaan seni rupa murni (Lukis, Grafis, Trimatra) dengan mengaplikasikan hukum-hukum, azas seni rupa melalui alat bahan dan teknik seni rupa murni (Lukis, Grafis, Trimatra) hingga menghasilkan seni yang berkarakter.
  5. Mampu menghasilkan karya yang memiliki originalitas sesuai dengan gaya seni rupa murni (Lukis, Grafis, Trimatra) yang dikuasai dan mengandung local genius dalam karya seni figuratif dan non figuratif.
  6. Mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip keilmuan seni dalam karya dan prilaku seni secara akademik.
  7. Mampu mengaplikasikan hasil studi seni rupa dalam bentuk karya tulis.

 

 

  • PENGETAHUAN
  1. Menguasai Metodologi Penelitian dalam bidang seni.
  2. Menguasai konsep-konsep teori seni rupa murni, ilmu estetika, ilmu manajemen serta ilmu analisis sebagai landasan berfikir dalam pemecahan masalah terhadap objek kajian seni ditengah kehidupan masyarakat.
  3. Menguasai konsep-konsep  logika, etika dan estetika sebagai metode penciptaan karya seni seni rupa murni (Lukis, Grafis, Trimatra).
  4. Menguasai pemahaman tentang teori seni, elemen-elemen dan prinsip-prinsip tata rupa di dalam penggarapan karya seni seni rupa murni (Lukis, Grafis, Trimatra).
  5. Menguasai keilmuan tentang perkembangan seni seni rupa murni (Lukis, Grafis, Trimatra) sebagai pertimbangan untuk menghadirkan karya seni yang
  6. Menguasai prinsip-prinsip keilmuan seni dan etika akademik.
  7. Menguasai tata tulis ilmiah.

PENYUSUNAN KERANGKA KURIKULUM

BAB IV

PENYUSUNAN KERANGKA KURIKULUM MEMUAT INFORMASI POLA SUSUNAN MATA KULIAH

4.1   Daftar Mata Kuliah Beserta Besaran SKS

JENIS MATAKULIAH

PROFIL LULUSAN SENI RUPA MURNI

PENELITI SENI BUDAYA

SENIMAN LUKIS

SENIMAN GRAFIS

SENIMAN TRIMATRA

SKS

Matakuliah Nasional

MPK101

Agama

2

MPK103

Kewarganegaraan

2

MPK205

Bahasa Indonesia

2

MPK102

Pancasila

2

 

 

8

Matakuliah Institusi

ISB102

Bahasa Inggris

3

ISB101

Pengantar Filsafat Seni

2

ISB103

Adat Istiadat Aceh

2

ISB104

Pengantar Kebudayaan Islam

2

ISB201

Pengantar Estetika

2

ISB202

Pengantar Semiotika

2

ISB403

Pengetahuan HAKI

2

ISBPO01

KKN

3

ISB1 P02

Tugas Akhir

6

 

 

24

Matakuliah Jurusan

MSR202

Ragam Hias Aceh

3

MSR203

Arsitektur Rumah Adat Aceh

3

MSR201

Sejarah Seni Rupa Indonesia

3

 

 

9

 

 

 

Matakuliah Wajib

MKM105

Gambar Bentuk I

3

MKM102

Gambar Bentuk II

3

MKM213

Gambar Bentuk III

3

MKM103

Sketsa Dasar

3

MKM104

Sketsa Lanjut

3

MKM209

Anatomi Plastis

3

MKM212

Gambar Model

3

MKM101

Nirmana Dwimatra

3

MKM106

Nirmana Trimatra

3

MKM207

Studio Seni Rupa Murni I

4

MKM214

Studio Seni Rupa Murni II

4

MKM137

Studio Seni Rupa Murni III

4

MKM110

Pengetahuan Bahan Seni Rupa Murni

3

MKM427

Seni Lukis Potret

3

MKM319

Sejarah Seni Rupa Barat

2

MKM211

Psikologi Seni

2

MKM323

Kritik Seni Rupa

3

MKM429

Seminar Seni Rupa

3

MKM330

Manajemen Seni Rupa

3

MKM324

Kewirausahaan Seni

3

MKM218

Sejarah Seni Rupa Timur

2

MKM315

Antropologi Seni

3

MKM326

Translation For Specific Purpose

2

MKM220

Teknik Penulisan Ilmiah

2

MKM222

Teori Seni

3

MKM325

Isu Seni

2

MKM216

Estetika Seni Rumpun Melayu

2

MKM328

Eksplorasi Seni Rupa

3

MKM108

Aplikasi Komputer

2

MKM321

Kaligrafi

3

 

 

85

 

 

Matakuliah Pilihan

 

MKM502

MKM504

MKM504

MKM504

3

 

Metodologi Pengkajian Seni

Metodologi Penciptaan Seni

Metodologi Penciptaan Seni

Metodologi Penciptaan Seni

 

 

MKM506

MKM508

MKM5010

MKM5012

 

 

Studio Penelitian Seni Rupa Murni I

Studio Ekspresi Seni Lukis

Studio Ekspresi Seni Grafis

Studio Ekspresi Seni Trimatra

5

 

MKM5017

MKM5019

MKM5021

MKM5023

 

 

Studio Penelitian Seni Rupa Murni II

Studio Konseptual Seni Lukis

Studio Konseptual Seni Grafis

Studio Konseptual Seni Trimatra

5

 

MKM509

MKM5011

MKM5013

MKM5015

 

 

Analisis Karya Seni Rupa

Eksplorasi Media Seni Lukis

Eksplorasi Media Seni Grafis

Eksplorasi Media Seni Trimatra

3

MKM501

Ilustrasi*

3

 

3

MKM507

Komputer Grafis*

MKM5016

Photografi*

MKM5014

Seni Keramik*

 

 

22

TOTAL SKS

147

                   

 

 

 

 

 

 

 

 

4.2   SUSUNAN MATA KULIAH DALAM SEMESTER

 

SEMESTER I 

NO

KODE

MATA KULIAH

SKS

1

MPK101

Agama

2

2

MPK103

Kewarganegaraan

2

3

ISB101

Pengantar Filsafat Seni

2

4

ISB103

Adat Istiadat Aceh

2

5

MKM101

Nirmana Dwimatra

3

6

MKM103

Sketsa Dasar

3

7

MKM105

Gambar Bentuk I

3

Jumlah SKS

17

                                                                                                                                             

 

SEMESTER II 

NO

KODE

MATA KULIAH

SKS

1

ISB102

Bahasa Inggris

3

2

MKP102

Pancasila

2

3

ISB104

Pengantar Kebudayaan Islam

2

4

MKM102

Gambar Bentuk II

3

5

MKM104

Sketsa Lanjut

3

6

MKM106

Nirmana Trimatra

3

7

MKM108

Aplikasi Komputer

2

8

MKM110

Pengetahuan Bahan Rupa Seni Murni

3

Jumlah SKS

21

 

 

SEMESTER III

NO

KODE MK

MATA KULIAH

SKS

1

MPK2O5

Bahasa Indonesia

2

2

ISB201

Pengantar Estetika

2

3

MKM207

Studio Seni Rupa Murni I

4

4

MKM209

Anatomi Plastis

3

5

MKM211

Psikologi Seni

2

6

MSR201

Sejarah Seni Rupa Indonesia

3

7

MSR203

Arsitektur Rumah Adat Aceh

3

8

MKM213

Gambar Bentuk III

3

Jumlah SKS

22

 

 

SEMESTER IV

NO

KODE

MATA KULIAH

SKS

1

MKM212

Gambar Model

3

 2

MSR202

Ragam Hias Aceh

3

3

MKM214

Studio Seni Rupa Murni II

4

4

MKM216

Estetika Seni Rumpun Melayu

2

5

MKM218

Sejarah Seni Rupa Timur

2

6

MKM220

Teknik Penulisan Ilmiah

2

7

MKM222

Teori Seni

3

8

ISB202

Pengantar Semiotika

2

Jumlah SKS

21

 

 

SEMESTER V

NO

KODE

MATA KULIAH

SKS

1

MKM315

Antropologi Seni

3

2

MKM137

Studio Seni Rupa Murni III

4

3

MKM319

Sejarah Seni Rupa Barat

2

4

MKM321

Kaligrafi

3

5

MKM323

Kritik Seni Rupa

3

6

MKM325

Isu Seni

2

7

MKM501

MKM503

Ilustrasi

Komputer Grafis*

3

Jumlah SKS

20

                            *matakuliah pilihan wajib mengambil salah satu

 

 

SEMESTER VI

NO

KODE

MATA KULIAH UMUM

SKS

1

MKM324

Kewirausahaan Seni 

3

2

MKM326

Tanslation for specific purpose 

2

3

MKM328

Eksplorasi Seni Rupa 

3

4

MKM330

Manajemen Seni Rupa Murni 

3

5

MKM502

Metodologi Pengkajian Seni*

3

MKM504

Metodologi Penciptaan Seni*

6

MKM506

Studio Penelitian Seni Rupa Murni I* (Pengkajian Seni)

5

MKM508

Studio Ekspresi Seni Lukis* (Penciptaan Seni Lukis)

MKM5010

Studio Ekspresi Seni Grafis* (Penciptaan Seni Grafis)

MKM5012

Studio Ekspresi Seni Trimatra* (Penciptaan Seni Trimatra)

7

MKM5014

Seni Keramik*

3

 

MKM5016

Photografi*

 

Jumlah SKS

22

                             *matakuliah pilihan wajib mengambil salah satu sesuai dengan minat

 

 

SEMESTER VII

NO

KODE

MATA KULIAH UMUM

SKS

1

ISBPO01

KKN 

3

2

MKM427

Seni Luks Potret

3

3

MKM429

Seminar

3

4

ISB403

Pengetahuan HAKI

2

5

MKM509

Analisis Karya Seni Rupa* (Pengkajian Seni)

3

MKM5011

Eksplorasi Media Seni Lukis* (Penciptaan Seni Lukis)

MKM5013

Eksplorasi Media Seni Grafis* (Penciptaan Seni Grafis)

MKM5015

Eksplorasi Media Seni Trimatra* (Penciptaan Seni Trimatra)

6

MKM5017

Studio Penelitian Seni Rupa Murni II* (Pengkajian Seni)

5

MKM5019

Studio Konseptual Seni Lukis* (Penciptaan Seni Lukis)

MKM5021

Studio Konseptual Seni Grafis* (Penciptaan Seni Grafis)

MKM5023

Studio Konseptual Seni Trimatra* (Penciptaan Seni Trimatra)

Jumlah SKS

19

*matakuliah pilihan wajib mengambil salah satu sesuai dengan minat

 

 

SEMESTER VIII

NO

KODE

MATA KULIAH UMUM

SKS

1

ISB1 P02

Tugas Akhir / Skripsi

8

Jumlah SKS

8

 

 

 

 

 

 

4.3   Kaitan Semua Mata Kuliah Dengan Capaian Pembelajaran

Terlampir…

 

4.4   Rencana Pembelajaran Semester

Rencana Pembelajaran semester

Mata Kuliah              : Studio Dasar Seni Murni

Semester                    : II        

Kode MK                     : SM1102

SKS                                 : 4

Dosen pengampu  : Anni Kholilah  S.Sn., M.sn

                                       Reza Sastra Wijaya S.Sn., M.sn

Capaian mata Kuliah :

1.      Mahasiswa mampu mengangkat sebuah objek lingkungan dan fenomena  sosial atau budaya ke dalam karya seni berbentuk dua demensi.

2.      Mahasiswa mampu menggunakan material water colour ( transpran dan pelakat ) Mahasiswa dapat berkarya dengan mempelajari  Alat, Bahan ,Teknik seni lukis dan seni grafis secara mendasar.

Minggu ke

Kemampuan akhir yang diharapkan

Bahan kajian

Bentuk pembelajaran

Waktu

Pengalaman belajar mahasiswa

Kriteria penilaian / indikator

Bobot nilai

 

1

Mampu melukis objek-objek alam dan lingkungan sesuai materi material water colour

Penjelasan seni lukis dasar

Ceramah

Diskusi

 

1x4x50

Tugas laporan, Presentasi

Kemampuan presentasi karya yang sesuai dengan obyek kemampuan menjawab pertanyaan yang diajukan, dan bisa menguasai dasar-dasar seni lukis

 

2-3

Melukis Obyek lingkungan kampus

Melukis dengan obyek kampus, dengan ketentuan besar kertas  A1, dengan teknik transpran

 

Ceramah

Diskusi

Praktek lapangan

 

2x4x50

Diskusi,

sda

 

4-5

Melukis pasar

Melukis dengan obyek pasar yang ada di kota Jantho fokus dari kegiatan ini adalah keramaian suasana pasar.

dengan ketentuan besar kertas  A1, dengan teknik transpran

 

Ceramah

Diskusi

Praktek lapangan

 

2x4x50

Diskusi

sda

 

6-7

Melukis gedung-gedung

Melukis dengan obyek gedung yang ada disekitar kota Jantho, dengan ketentuan besar kertas  A1, dengan teknik transpran dan plakat

 

Ceramah

Diskusi

Praktek lapangan

 

2x4x50

Diskusi

sda

 

8

MID Semester / melukis Pelabuhan

Melukis dengan obyek pelabuhan yang ada disekitar kota banda aceh, dengan ketentuan besar kertas  A1, dengan teknik bebas

 

Ceramah

Diskusi

Praktek lapangan

 

1x4x50

Diskusi

sda

 

9-10

1.Mahasiswa mampu menjelaskan Ruang lingkup Seni Rupa Murni, Seni grafis, serta alat dan bahan yang digunakan.

2.Mahasiswa mampu membuat  berbagai macam bentuk efek cukilan dan garis dengan teknik Relief print.

1.Pengetahuan Sejarah, perkembangan Seni grafis Murni dan terapan.

2.Pengetahuan Alat dan bahan Seni Grafis

3.Pembelajaran teknik grafis (Relief Print) dengan Berbagai Bentuk efek teknik cukil  

4.macam garis.

5.kualitas garis (tebal tipis garis )

6.Penerapan teknik Relief Print dengan visual  realis

 

Ceramah

Diskusi

Praktik

2x4x50

1.    Pemahaman,

2.    Pengenalan peralatan grafis

3.    Praktek penggunaan peralatan Seni grafis

1.  Resume/ makalah 

2.  Kemampuan memahami dan penggunaan alat bahan dan teknik

 

11

Mahasiswa mampu membuat  teknik Cetak Grafis dengan gaya rotasi

Penerapan teknik Relief Print dengan gaya cetak Memutar (rotation print)

Praktik

Asistensi

Evaluasi

1x4x50

Praktek Seni grafis

1.  Kerapian

2.  kebersihan

3.  Ketelitian garis yang berkesinambungan

 

12

Mahasiswa mampu membuat  teknik Cetak Grafis dengan gaya parallel Horizontal

Penerapan teknik Relief Print dengan gaya cetak Paralel

Praktik

Asistensi

Evaluasi

1x4x50

Praktek Seni grafis

1.                 Kerapian

2.                 Kebersihan

3.                 Ketelitian garis yang berkesinambungan

 

15-16

Mahasiswa mampu membuat  teknik Cetak Grafis dengan memanfaatkan benda dari alam untuk menghasilkan kesan artistic yang alami

Penerapan teknik Relief Print Kolase

Praktik

Asistensi

Evaluasi

2x4x50

Praktek Seni grafis

Kreativitas mengolah bentuk yang ada di alam menjadi bentuk baru

 

 

4.5 Rancangan Tugas Mahasiswa Dalam Pembelajaran

Tujuan Tugas:

Menciptakan karya seni rupa murni dengan menggunakan teknik dasar seni lukis dengan menggunakan bahan cat minyak sebagai medium.

Menciptakan karya seni grafis dengan menggunakan teknik cetak tinggi di atas bidang kertas.

Uraian Tugas:

a.       Objek

 Karya dwimatra

 

b.      Yang Harus Dikerjakan dan Batasan-Batasan

Membuat karya dwimatra (lukis dan grafis) dengan ketentuan yakni :

1.      Lukis : melukis objek-objek yang telah ditentukan dengan menggunakan teknik aquarel

2.      Grafis : Menciptakan karya grafis konvensional  dengan menggunakan teknik cetak tinggi dengan gaya dekoratif maupun realis sesuai dengan tema yang telah ditentukan.

 

c.       Cara Kerja

Setiap mahasiswa wajib konsultasi proses penggarapan karya dan di presentasikan minimal untuk satu (1) tugas selama dua(2) kali pertemuan

 

 

 

d.      Dekripsi Tugas yang Dihasilkan

Karya yang dihasilkan dari keseluruhan sebanyak delapan (8) karya diantaranya empat (4) karya seni lukis di atas kertas dan empat (4) karya seni grafis cetak tinggi di atas kertas

Kriteria Penilaian:

Sangat Baik ‚Äď Sangat Kurang

 

4.6 Sistem Penilaian Dan Hasil Belajar

Jenjang/Grade

Angka/Skor

Deskripsi/Indikator Kerja

Sangat Baik

‚Č• 86

 Karya

1.     Lukis :

a.       Karya digarap dengan memiliki tingkat kemiripan dengan objek amatan yang sangat tinggi

b.      karya diolah dengan warna primer dengan akurasi warna yang sangat mirip

c.       penggunaan teknik, peralatan dan bahan yang sangat baik dan terukur

d.      tidak memiliki kesalahan kerja

e.       karya yang dihasilkan memiliki intensitas yang tinggi

f.        karya mampu untuk di ikut sertakan dalam pameran dan kompetisi

 

1.      Grafis :

a.       Garis-garis yang digarap dengan sangat persisi dan terukur

b.      Kebersihan dan kerapian kerja

c.       Tidak ada kesalahan kerja

d.      Ketercapaian karakter dengan penggunaan teknik cetak tinggi dengan tema yang ditentukan

e.       Karya yang dihadirkan memiliki tingkat kehalusan yang tinggi

f.        karya mampu untuk di ikut sertakan dalam pameran dan kompetisi

Baik

76-86

 Karya

1.     Lukis :

a.       Karya digarap mirip dengan objek amatan

b.      karya diolah dengan warna primer dengan tepat.

c.       penggunaan teknik, peralatan dan bahan yang sangat baik

d.      karya yang dihasilkan memiliki intensitas yang tinggi

e.       karya dapat diikutsertakan dalam pameran di area kampus

 

2.     Grafis :

a.       Garis-garis yang digarap dengan baik

b.      Kebersihan dan kerapian kerja

c.       Tidak ada kesalahan kerja

d.      Ketercapaian karakter dengan penggunaan teknik cetak tinggi dengan tema yang ditentukan cukup baik

e.       Karya digarap dengan halus.

f.        karya dapat diikutsertakan dalam pameran di area kampus

 

Cukup

61-75

Karya

1.      Lukis :

a.       Karya digarap cukup mirip dengan objek amatan

b.      karya diolah dengan warna primer dengan cukup tepat.

c.       penggunaan teknik, peralatan dan bahan yang baik

d.      karya yang dihasilkan cukup intensitas

 

2.      Grafis :

a.       Garis-garis yang digarap dengan tergesa-gesa

b.      Tidak teliti

c.       Karya tidak terlalu rapi

d.      Terdapat sedikit kesalahan kerja

e.       Ketercapaian karakter dengan penggunaan teknik cetak tinggi dengan tema yang ditentukan kurang baik

f.        Karya digarap dengan halus.

 

 

 

 

 

Kurang

41-60

Karya

1.      Lukis :

a.       Karya digarap kurang mirip dengan objek amatan

b.      karya diolah dengan warna primer dengan kurang tepat.

c.       penggunaan teknik, peralatan dan bahan yang tidak baik

d.      karya yang dihasilkan kurang intensitas

 

2.      Grafis :

a.       Garis-garis yang digarap tidak baik

b.      Tidak teliti

c.       Karya tidak rapi

d.      Terdapat kerja

e.       Ketercapaian karakter dengan penggunaan teknik cetak tinggi dengan tema yang ditentukan kurang baik

f.        Karya digarap dengan tidak halus.

 

Sangat Kurang

0- 40

Karya

1.      Lukis :

a.       Karya digarap tidak mirip dengan objek amatan

b.      Pengolahan warna yang tidak tepat.

c.       penggunaan teknik, peralatan dan bahan yang tidak teratur

d.      karya yang dihasilkan tidak intensitas

 

2.      Grafis :

a.       Garis-garis yang digarap terkesan asal-asalan.

b.      Karya tidak rapi

c.       Terdapat banyak kesalahan kerja

d.      karakter dengan penggunaan teknik cetak tinggi dengan tema yang ditentukan tidak tercapai

e.       Karya digarap masih sangat kasar.

 

 

 

 

 

Dimensi

Sangat baik

Baik

Cukup

Kurang

Sangat kurang

‚Č• 81

61 -80

41-60

21-40

<20

Penguasaan teknik penciptaan seni murni

Teknik garap sangat baik sehingga menarik untuk di amati, dibahas dan dapat dijadikan karya pembanding

Teknik garap baik dapat dijadikan acuan

Teknik garap cukup baik namun masih terdapat beberapa kekurangan

Teknik garap cinderung tidak menarik. Terdapat banyak kekurangan.

Teknik garap tidak menarik. Terdapat banyak kesalahan dan kekurangan dalam proses garap. Hasil cinderung tidak menarik

Presentasi karya

Berdialog dengan lantang dan mampu menarik antusias pendengar.

Pembicara menggunakan intonasi yang tepat, berbicara tanpa bergantung pada catatan

pembicara menggunakan nada yang datar dan sering bergantung pada catatan

Pembicara sangat tergantung dengan catatan dan monoton.

Pemaparan tidak menarik. Tidak dapat memaparkan tanpa melihat catatan, sehingga tidak menarik perhatian audience.

 

 

 

 

Capaian pembelajaran lulusan

Indikator

penilaian TA

%

 

1

Mampu menyusun konsep rancangan terhadap penciptaan karya seni rupa murni yang mengintergrasikan hasil kajian aspek perilaku, lingkungan, teknis, dan nilai-nilai yang terkait dengan penciptaan seni rupa murni.

Tingkat logis dan sistematis konsep yang dibangun

10

 
 

Ketepatan  metode yang dipilih

10

 

2

Mampu merancang penciptaan karya seni murni secara mandiri dengan metode perancangan yang berbasis riset, dan menghasilkan karya seni rupa murni yang kreatif, dan teruji secara teoretis.

Keruntutan dan kejelasan transformasi konsep ke dalam rancangan

10

 

Kreativitas  dalam penciptaan karya seni rupa murni

20

 
   

Kualitas hasil ciptaan

20

 
   

3

Mampu mengkomunikasikan pemikiran dan hasil penciptaan  tulisan, dan model yang komunikatif dengan teknik manual maupun digital.

Kemampuan presentasi terhadap karya seni

10

 

4

Mampu menyajikan dan bertanggung jawap terhadap karya seni rupa murni yang diciptakan secara keilmuan dan ilmiah.

pertanggung jawaban keilmuan

10

 

5

Memiliki sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptif, dan apresiatif.

Sikap akademik

10